Prompt #29: 27 Maret

11 Okt

Aku masih berkutat dengan pembukuan saat bel berbunyi. Aku mengangkat kepalaku untuk melihat siapa yang barusan masuk. Aku mengernyitkan kening. Seorang wanita memakai terusan tebal dan memakai kacamata hitam serta penutup kepala. Dia sepertinya bukan pengutil yang harus diawasi.

Aku kembali menekuri angka-angka di depanku. Bulan lalu, toko buku ini mengalami kerugian hingga Nadine harus diberhentikan. Mr. Xavier masih mempertahankanku karena aku bisa mengerjakan pembukuan sekaligus melayani pembeli, menggantikan Nadine. Pekerjaan bertambah tapi dengan gaji tetap. Tentu saja aku tidak berani meminta tambahan gaji. Aku sangat tahu pendapatan toko buku ini. Orang-orang lebih sering memasuki restoran dari pada toko buku kecil yang berada di salah satu sudut bandara ini.

Kalau bulan ini tidak ada peningkatan, aku khawatir Mr. Xavier akan menutup toko ini dan aku akan menjadi pengangguran.

“Permisi.”

Aku mendongak dan melihat wanita itu melepas kacamata hitamnya.

“Ada yang bisa aku bantu?”

“Aku mencari buku Saat Engkau Tak Bahagia dengan Pekerjaanmu.”

Hah?! Apa wanita ini sedang menyindirku?

“Buku apa?” Aku tak yakin dengan pendengaranku.

Wanita itu menyebut sekali lagi.  Aku bengong sesaat. Meski tidak yakin buku itu ada di sini karena Nadine yang lebih hapal judul dan letak buku, tapi kakiku melangkah ke arah rak yang berlabel Ekonomi Keuangan.

“Pengarangnya siapa?”

“Amanda Haw.”

“Anda tahu covernya warna apa?”

Wanita itu menyebutkan beberapa warna. Aku memilah buku-buku yang ada di depanku. Nihil.

“Maaf, sepertinya tidak ada.”

“Oh, sayang sekali!” Wanita itu sepertinya kecewa.

“Tapi, Anda bisa melihat-lihat buku lain. Mungkin saja ada satu buku yang menarik bagi Anda.” Aku mencoba menawarkan.

“Baiklah, aku akan melihat-lihat sebentar.”

Aku kembali ke meja di belakang cash register.

Aku tidak fokus. Entah mengapa, mataku seakan melihat warna hitam dan orange beberapa meter di samping kananku.

Aku terkejut dengan ingatan yang datang kemudian.

Sebelum resign, Nadine sempat berpesan padaku untuk menata buku-buku itu sebagai display di rak depan supaya langsung dilihat pertama kali oleh pengunjung toko. Oh, Tuhan… aku lupa!

Kuhampiri tumpukan buku itu. Judul, pengarang, dan warna cover sama persis seperti yang dicari wanita itu.

Aku baru akan memanggilnya ketika bel kembali berbunyi. Wanita itu telah keluar. Sayup-sayup terdengar suara dari bagian informasi kalau pesawat tujuan Singapore akan segera take off.

Kuambil sebuah poster yang terselip diantara buku-buku itu.

27 MaretTemu Pengarang Buku Saat Engkau Tak Bahagia dengan Pekerjaanmu.
Bersama Amanda Haw.
27 Maret 2013, di Assembly Hall , Hotel Snowy.
Pukul 13:00 – 15:00
Gratis!

Kuamati foto di poster itu. Eh, bukannya ini foto wanita yang tadi?

***

Jumlah kata: 400

6 Tanggapan to “Prompt #29: 27 Maret”

  1. nurusyainie 11 Oktober 2013 pada 10:19 am #

    Yuhuuu… belum bisa comeback sepenuhnya ke FF
    Kemarin 20 jam gak dapat signal, jadinya punya waktu banyak untuk nulis 😀

    Sayang yah, judulnya gak bisa diganti. Padahal tadinya fiksi ini saya beri judul “Suatu Sore di Toko Buku”

  2. Evi Sri Rezeki (@EviSriRezeki) 11 Oktober 2013 pada 2:33 pm #

    Pengarangnya sedih karena bukunya enggak didisplay 😦

  3. riga 11 Oktober 2013 pada 4:14 pm #

    kasian pengarangnya… pasti masih baru… :p

  4. Miss Rochma 11 Oktober 2013 pada 10:31 pm #

    wah, segitunya.. sampai ngecek stok bukunya di bandara segala 🙂

  5. RedCarra 16 Oktober 2013 pada 3:07 pm #

    Hae mbak Nurus 😀 *dadah2*

  6. Akhmad Muhaimin Azzet 26 Mei 2014 pada 11:34 am #

    dan wanita pengarang itu telanjur keluar ya mbak, hmmm….

Silahkan komentar... ^^ Jika tidak punya blog, masukkan url facebook atau twitter yah :)

