Nama Untuk Anakku

17 Des

Setiap menemukan nama yang indah dan unik, saya selalu ingin nama itu menjadi nama anakku. Sayangnya, hingga saat ini saya belum menjadi seorang ibu… yang pada akhirnya hal itu hanya menjadi angan-angan saja.

bayi-1Melihat bayi… mata saya akan selalu berembun. Batin saya selalu berucap, kapan saya akan diberi anugerah terindah itu. Hal yang paling menyiksa dan sering kali terjadi adalah ketika saya menonton dan tiba-tiba iklan. Dan iklan yang ditayangkan adalah iklan bayi. Hati saya langsung Ooooo… rasa haru serasa menancap di hati.

Tapi, saya akan bersabar hingga waktunya tiba.

Keseharian saya di kelilingi dengan para ponakan. Hal itu sedikit menghibur. Saya bisa menyalurkan naluri keibuan saya. Setiap ada anggota baru, saya mungkin orang paling excited menyambutnya. Bangun pagi… yang pertama saya cari adalah anggota baru itu. Makhluk mungil nan lucu itu menjadi pusat perhatian saya. Apa pun yang saya kerjakan, dalam keadaan letih bagaimana pun, saya akan selalu kembali padanya. Sampai-sampai saya berpikir kalau yang saya lakukan melebihi yang dilakukan ibunya.

Perhatian saya tentu saja tidak hanya itu. Saya pun mulai mencari nama bayi. Weks?! Hahaha… yah, saya sering memberi nama buat ponakan-ponakan saya. Meski ada nama pemberian saya yang dipakai, ada juga yang hanya jadi nick name nya saja.

Kadang kalau memikirkan ide nama apa yang cocok, saya selalu berpegang pada beberapa hal:

  1. Do’a buat si anak.
  2. Unik.
  3. Moment.
  4. Se-pola.
  • Nama yang diberikan merupakan do’a buat si anak. Mencari nama yang artinya baik. Karena ini menjadi do’a yang akan terus melekat pada anak sepanjang hayat, biasanya bagian ini lah yang sering membuat para orang tua bingung menentukan nama yang tepat untuk si buah hati.
  • Nama itu harus unik. Dalam artian tidak banyak yang menggunakannya. Bahasa Arab mungkin paling banyak dijadikan pilihan, tapi mencari nama dari berbagai bahasa pun bisa menjadi alternative (seperti nama Sansekerta yang ada aura hero-nya atau nama Perancis yang terdengar romantis hehehe…), karena bisa jadi di lingkungan tempat tinggal tidak ada yang menggunakan nama yang sama. Saya teringat dengan dua teman saya yang memiliki nama yang sama. Ketika di panggil, keduanya sama-sama menoleh hehehe…tentu kita tak ingin hal itu terjadi. Kita tentu menginginkan anak kita merasa spesial.
  • Moment di sini bisa apa saja. Saya beri contoh nama ponakan saya:

Deasy Dita Sugianto (lahir di bulan Desember pada malam hari saat sinetron Desy Ratnasari sedang tayang). Nick namenya= Echy.

Dirga Ayu Pertiwi Sugianto (lahir tepat tanggal 17 Agustus.). Nick namenya= Cleo. Orangtuanya termasuk lama menentukan nama yang tepat untuknya karena lahir saat ulang tahun kemerdekaan Indonesia, jadi untuk sementara dia dipanggil Cleo. Saat itu sinetron Cleo yang diperankan oleh Revalina S. Temat sedang booming. Sampai sekarang nama Cleo tetap menjadi nama panggilan sehari-harinya.

Aji Pamungkas (diharapkan jadi anak pamungkas hehehe… karena anak lelaki, jadi dia tidak memakai nama bapaknya Sugianto di belakang namanya). Nick namenya= Indung. Berasal dari kata Lindu (gempa bumi), karena dia lahir saat gempa Yogya, 27 Mei  2006. Dan getarannya saat itu terasa hingga di Magelang, tempat dia lahir.

  • Nama anak memiliki pola yang sama. Nah, kalau ini lebih bersifat jangka panjang. Karena ketika memikirkan nama untuk anak pertama… nama anak kedua, ketiga dan seterusnya, juga menjadi pertimbangan. Yang paling umum digunakan, misal anak pertama= Pratama. Kedua= Dwi. Ketiga= Tri. Keempat= Catur… dst

Ngomong-ngomong soal sepola ini… saudara saya yang lain menetapkan kalau nama tengah anak mereka harus berawalan ‘R’

Khairul Rijal Bukide, Fachrul Reza Bukide, dan Naufal Rakaan Bukide.

Saya juga punya teman SD sekaligus tetangga yang bernama Rosdian. Dan ternyata semua saudaranya, baik laki-laki maupun perempuan memiliki nama yang berawalan Ros. Seperti Rosita, Rosiman, Rosfajrin.

Unik yah… ternyata tiap keluarga punya pola masing-masing 🙂

Sebagai tambahan, saya ingin memberikan lagi contoh nama dari ponakan saya yang lain. Anak dari kakak pertama yang mempunyai nama mencakup keempat poin di atas.

  • Rodiah Ratna Septiningsih (lahir September)
  • Salaam Yanuar As-Shuffi (lahir Januari)
  • Meisya Mutiah Muthmainnah (lahir Mei)
  • Aisyah Ennov Isaura (lahir November)

Mengenai arti nama mereka, untuk lebih ringkasnya… saya ambil dari dua nama terakhir saja yah. Soalnya ini dua nama terakhir yang paling saya ingat dan saya pun turut andil dalam memberi nama.

Meisya Mutiah Muthmainnah = anak perempuan yang lahir di bulan Mei ba’da Isya (Meisya), diharapkan jadi anak yang taat (Mutiah/Arab) dan tenang (Muthmainnah/Arab). Dia biasa dipanggil dengan berbagai nama seperti Meisya, Memey, atau Icha

Aisyah Ennov Isaura = diharapkan jadi anak perempuan yang cerdas (seperti Aisyah) yang lahir tanggal Enam November (Ennov) pada suatu hari yang sejuk (Isaura/Yunani). Dia dipanggil Ade Sejuk (anak bungsu hehehe…)

Nah, karena mbak Army dan suami sedang berbahagia sekaligus deg-degan menunggu saat-saat kelahiran baby boy mereka… mungkin hal di atas bisa menjadi tambahan kisah-kisah dalam menentukan nama bayi.

Saya pun punya sumbangan nama buat baby boynya mbak Army… ada beberapa nama, seperti Adelio Alvaro Prawara (Pangeran mulia yang bijaksana dan paling terkemuka), atau Naufal Danadyaksa (Pemuda tampan yang dermawan dan penjaga kejayaan), tapi entah mengapa, saya lebih cenderung pada nama yang ini:

Fathi Raditya Pratama
(Pembuka Matahari Pertama)

Nama Pratama sebenarnya bisa diganti dengan nama marga keluarga atau nama suami atau gabungan nama istri dan suami (biasanya keunikan nama anak berasal dari gabungan nama orangtuanya), karena kesan sebagai anak pertama sudah diwakili oleh nama Fathi (pembuka/Arab). Sedang Raditya (Matahari/Sansekerta), diharapkan sang anak seperti mentari yang selalu menyinari dan juga sebagai cahaya mata (nurun ‘ain) buat kedua orang tua, keluarga, agama, maupun masyarakat luas. Amin.

Karena saya sering diminta bantuan untuk mencarikan nama anak oleh saudara, sepupu, maupun teman… saya jadi punya stok nama-nama bayi. Saya tak perlu khawatir anak saya kelak tidak kebagian nama yang indah karena saya yakin, jika hari itu tiba saya akan mempunyai nama yang indah untuk anakku.

* * *

Tulisan ini diikutsertakan pada Giveaway BEAUTIFUL NAME FOR SMART BABY by Armita Fibriyanti

keterangan tambahan:
Bukide merupakan nama marga dari Sulawesi Utara
Adelio (Spanyol) Alvaro (Spanyol) Prawara (Sansekerta)
Naufal (Arab) Danadyaksa (Sansekerta)

13 Tanggapan to “Nama Untuk Anakku”

  1. Iwan Yuliyanto 17 Desember 2012 pada 4:17 pm #

    Dengan menyusun nama-nama bayi seperti itu saya yakin bisa membangkitkan energi positif. Jangan menyerah ikhtiarnya ya, mbak.

    • nurusyainie 17 Desember 2012 pada 6:17 pm #

      Terima kasih, pak Iwan 🙂

      Wah, mudah2an tidak salah mengerti dengan tulisan saya hehehe…

  2. Myra Anastasia 18 Desember 2012 pada 11:34 am #

    arti namanya unik 🙂

    • nurusyainie 18 Desember 2012 pada 2:07 pm #

      Hehehe… nama yang mana Mak Myr?
      Banyak nama yang saya masukan soalnya 🙂

  3. Armita Fibriyanti 25 Desember 2012 pada 2:32 am #

    bagus dan lengkap mba 🙂

  4. Parwis Lubis 6 Februari 2013 pada 8:42 pm #

    kesukaan kita sama ya…

    • nurusyainie 7 Februari 2013 pada 9:11 am #

      hehehe… iyah, sama

      Salam kenal. Makasih sudah berkunjung 🙂

  5. Hendra Wirawan 17 Maret 2013 pada 8:47 pm #

    gw jadi inget temen gw yaang namanya JUNI tapi lahir bulan agustus wkwkwk, bener2 banyak yang salah tebak ttg bulan dia lahir!!

  6. ipeyphungkee 14 Januari 2015 pada 11:10 pm #

    Anak2ku suka ganti2 nama panggilan kalo di rumah =))

    https://ipeyphungkee.wordpress.com/2013/10/28/frodo-anakku-sayang/

Trackbacks/Pingbacks

  1. Peserta Welcoming Baby Giveaway | MENARA HATI - 25 Desember 2012

    […] Nurusyaini M. […]

  2. Pemenang Welcoming Baby Giveaway | MENARA HATI - 25 Desember 2012

    […] NURUSYAINI M – NAMA UNTUK ANAKKU […]

  3. Peserta Welcoming Baby Giveaway – Armita Fibriyanti - 6 Juni 2017

    […] Nurusyaini M. […]

  4. Pemenang Welcoming Baby Giveaway – Armita Fibriyanti - 6 Juni 2017

    […] NURUSYAINI M – NAMA UNTUK ANAKKU […]

Silahkan komentar... ^^ Jika tidak punya blog, masukkan url facebook atau twitter yah :)

