Istirahat dengan Shalat

6 Des

Ada satu catatan penting seusai saya mengikuti Seminar Internasional Tradisi Lisan VI di Wakatobi 1-3 Desember lalu. Bahwa seluruh agenda acara (dalam hal ini sidang2 atau pemaparan dari para pemakalah) diplot sedemikian rupa secara padat.

Maka bayangkanlah bila tubuh manusia diforsir dari jam 8 pagi–8 malam yang hanya di jeda waktu makan siang dan makan malam. Syukurnya, saya masih sempat “kabur” beberapa kali untuk menunaikan shalat di penginapan yang letaknya tidak terlalu jauh dari tempat acara.

Keadaan ini kembali membuat saya bertambah takjub dengan pengaturan Allah. Meskipun manusia membuat pengaturan sedemikian rupa untuk mencegah menyembah-Nya, sungguh, Allah telah memberi kita kemudahan sebagai seorang musafir untuk menjamak 2 shalat dalam satu waktu.

Kemudian saya teringat lagi dengan perkataan Rasulullah saw kepada Bilal bin Rabah, sang sahabat.
“Wahai Bilal, istirahatkan kami dengan shalat.” Begitu halus kata2 Rasulullah saw dalam menyuruh Bilal untuk mengumandangkan adzan.

Selama mengikuti seminar itu, saya benar2 merasakan betapa shalat menjadi sebuah istirahat yang indah. Maha Besar Allah yang telah mengatur waktu2 shalat sesuai dengan kondisi tubuh manusia.

Kenyataan di lapangan pun, saya melihat bahwa ruangan akan terasa lengang saat tiba waktu2 shalat. Subhanallah, masih banyak muslim yang menyadari kewajiban itu.

sidang yang menarik sebenarnya seandainya bukan pada saat shalat ashar

Allah tidak memberi apa yang engkau inginkan, tapi Dia memberi apa yang engkau butuhkan.

Iklan

Silahkan komentar... ^^ Jika tidak punya blog, masukkan url facebook atau twitter yah :)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: