Kolut (setahun lalu) & Berita Mengejutkan Pagi ini

27 Nov


Setahun lalu, untuk pertama kalinya saya menginjakkan kaki di Lasusua, Kolaka Utara (Kolut). Perjalanan yang menghabiskan waktu ± 8 jam dari kota Kendari, kutempuh seorang diri.


Pertama kali dan seorang diri. Sungguh ini bukanlah sebuah keberanian, tapi kenekatan. Mau tidak mau, saya memang harus berada di Kolut pada saat itu. Amanah yang dibebankan mengharuskan saya pergi seorang diri karena tiada teman yang siap mendampingi ke sana.

Kenekatan yang berbuah manis. Bukan saja pengalaman yang kudapat, tapi juga persaudaraan. Yah, saya kembali menemukan adik2 manis di sana. Adik2 yang kembali mengajari saya tentang kehidupan, tentang keakraban, tentang cinta, tentang kasih sayang, tentang doa yang tulus.


Nur Aimmah Juhas dan Sartika Juhas. Nama itu begitu melekat dalam hari2 saya selama 3 hari di Kolut. Imma yang sebenarnya seusia dengan saya, menghormati saya dengan panggilan kakak. Sartika, adik Imma, adik manis kelas 2 Aliyah yang siap mengantar saya kemana pun selama di sana.

Sepulang dari Kolut, saya menyadari hidup saya sudah tak sama lagi. Saya memiliki adik2 di Kolut. Mereka menyayangi saya laiknya saudara kandung. Hari2 saya pun dihiasi sms2 ungkapan sayang mereka. Betapa saya merasa sangat disayangi.

Ya Allah, saya benar2 terharu!

Baru beberapa bulan, saya dikenalkan lagi dengan Syaifullah Juhas. Adik saya bertambah satu. Kali ini adik lelaki yang tidak pernah saya miliki. Subhanallah, saya merasa kehidupan saya amat lengkap.

Belum setahun, saya tergoda ke Lasusua lagi. Saya tidak hanya mengitari ibukota Kolut itu saja. Tapi kali ini saya benar2 mengelilingi kabupaten itu dari Selatan ke Utara (dari Ranteangin ke Batu Putih) tanpa mengeluarkan biaya sepeser pun. Masya Allah!

Saya juga menyaksikan MTQ tingkat Kabupaten. Melihat lomba Kaligrafi, sempat menyaksikan Sartika mengikuti cerdas cermat (Adik yang satu ini memang membanggakan). Bahkan sempat ‘dipaksa’ mengisi sebuah acara.

Saya merasa waktu berjalan begitu cepat. Belum cukup melepas kangen dengan mereka, saya harus berada di Kendari lagi.

Hingga malam itu saya mendengar Sartika akan ke Kendari mengikuti Olimpiade Fisika yang diadakan MIPA Unhalu. Saya usahakan ketemu. Menjelang kepulangan kembali ke Kolut, kami bertemu dan sempat jalan ke Gramedia. Itulah terakhir saya bertemu dengannya. Hingga pagi ini saya dikejutkan sms dari Imma.

Aslm. Sartika sudah meninggal dunia kakak. (AM 7:32 27/11/08)

Kurasakan tubuhku hempas. Ini becanda. Pasti becanda.
Kureply sms itu

Innalillahi, serius?? Immaaaa… Jangan becanda pagi2.

Ketika datang balasan Imma dengan kata singkat “Iyaaa”, saya terkulai.

Ingatan saya, dipaksa kembali ke tahun lalu.


Saat kita bersama melintasi jalan2 tak rata dengan kecepatan sedang saat engkau mengantar saya ke Masjid Raya. Bukankah saat itu kita baru saja kenal, Ade?

Saat kita bersama menyusuri jalanan Lasusua yang berdebu saat engkau berangkat liqo. Tahukah engkau kalau saat itu saya diminta oleh Mbak Yeni, Murabbiyahmu, untuk mengisi liqoannya?

Saat engkau gemetar ketika menjatuhkan saya dari motor saat malam terakhir saya di Lasusua. Saat itu engkau takut sekali membuat saya marah. Saya masih ingat suara terbata2mu. “Ka One, masih mau saya bonceng?”

Saat melihat kegembiraan engkau menerima hadiah berwarna pink dari saya. Bukankah kita sama2 menyukai warna pink, Ade? Bahkan setelah itu, segala hal berwarna pink milik saya ingin semua saya berikan padamu. Saya juga masih ingat kecemburuan Imma ketika saya memberi banyak
oleh2 berwarna pink buatmu.


Lalu, cita2mu setelah lulus nanti. Bukankah engkau ingin lanjut ke STIS Jakarta?

Aah, akhirnya semua tinggal impian belaka.

Hiks!!!

Sungguh, semua kenangan itu masih melekat diingatan saya sampai saat ini. Seandainya bisa, saya ingin berada di Kolut saat ini juga.

Saya menyadari kematian adalah sesuatu yang pasti. Tak tahu kapan hal itu tiba pada kita. Kadang saya bertanya, “Sudah banyakkah bekal yang saya persiapkan untuk menempuh perjalanan itu?” Entahlah!

Semoga ini menjadi pengingat saya akan hal yang satu itu.

Iklan

Silahkan komentar... ^^ Jika tidak punya blog, masukkan url facebook atau twitter yah :)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: