Wonua Monapa (Sebuah Catatan yang Tertinggal)

21 Okt

“Kalian tidak selamanya akan berada di sini.” Terngiang suara kak Lusi beberapa tahun yang lalu di Mushallah kecil milik FE.

“Suatu hari nanti, kalian akan berpisah dengan lingkungan kalian yang baik, kalian akan berada di lingkungan yang jauh dari harapan kalian. Diperhadapkan dengan banyaknya hal2 yang jauh dari syar’i di depan mata kalian sendiri!”

Saat itu, tak pernah terbayangkan bahwa apa yang dikatakan kak Lusi bakal terjadi padaku.

“Kalian mempunyai tanggungjawab terhadap diri kalian sendiri. Maka tarbiyah dzatiyahlah kalian. Karena kesempatan belajar seperti ini, sangat kecil kalian dapatkan di lingkungan baru kalian.”

Bertakwalah kamu kepada Allah di mana pun kamu berada dan ikutilah kesalahanmu dengan kebaikan niscaya ia dapat menghapuskannya. Dan pergaulilah manusia dengan akhlak terpuji (HR. Tirmidzi)

Serasa baru kemarin ucapan itu dilontarkan, tiba-tiba saja saya berada dalam kondisi yang mirip. Saya seperti ‘terlepas’ dari lingkungan yang membuat saya comfort. Hingga saya tidak mempersiapkan diri menghadapi lingkungan yang berubah. Padahal hal ini telah diwanti-wanti oleh kak Lusi 6 tahun lalu..!!

Saya terbiasa dengan lingkungan yang memisahkan laki-laki dan perempuan, saya terbiasa dengan lingkungan bebas asap rokok, saya terbiasa dengan lingkungan yang penuh nuansa Rabbani.

Terima kasih buat teman-teman sudah mengajak saya bergabung di Komunitas Blogger Kendari (KBK). Selamat buat bang arham yang terpilih sebagai ketua KBK pada Pembentukan KBK di Wonua Monapa, Sabtu (18/10) yang lalu. Suatu kehormatan bisa bersama kalian. Bersama kakak-kakakku yang ‘gila-gila’, yang membuat saya tidak bisa lama-lama menyimpan tawa ini. Meski kalian masih sering buat saya geleng-geleng kepala, kalian tetap saudara-saudara saya, kakak-kakak saya.

“Saya mencintai kalian karena Allah.”

Tolong bantu saya menyesuaikan diri, melepaskan kesan eksklusif. Bukan bermaksud seperti itu, tapi apa daya saya yang tak pandai merangkai kata memulai percakapan yang akrab.

Bantu saya gaul tapi tetap Syar’i.

Iklan

Silahkan komentar... ^^ Jika tidak punya blog, masukkan url facebook atau twitter yah :)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: